Peningkatan Sektor Pertanian Bisa Digapai Melalui Kelompok Tani

Views: 115
0 0
Read Time:59 Second

infokriminal.com – Indramayu – Para petani harus bersatu padu membentuk suatu wadah atau perkumpulan yang dapat diakui secara Kelembagaan, seperti halnya Kelompok Tani. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pembangunan khususnya pada sektor pertanian.

Demikian dikatakan oleh Ketua Wahana Masyarakat Tani dan Nelayan Indonesia (WAMTI) Kabupaten Indramayu, Wawan Sugiarto, STP. yang ditemui di kantor Ikatan Wartawan Online (IWO) Indramayu, Jalan MT. Haryono no. 50, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Senin (11/1/2021).

Wawan menerangkan, kelompok tani tersebut hendaklah tercatat dan terregistrasi di Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

“Kelompok tani yang terregistrasi itulah yang mendapat bantuan-bantuan dari APBN, mulai dari traktor, sarana dan prasarana pertanian yang lainnya,” terang Wawan.

Dengan wadah dikelembagaan tersebut yang bertujuan untuk menjalin kekompakan antar para petani. Namun, ada sedikit ganjalan di dalam membentuk kekompakan petani khususnya pada sektor Sumber Daya Manusia (SDM) yang rata-rata itu sangatlah sulit dikarenakan satu sama lainya sangat beragam/berbeda, tegasnya.

“Walau di tengah-tengahnya sering ada penyuluh pertanian yang gunanya memberi informasi, penyuluhan, menatar, pendidikan. Dan itupun sulit, karena yang dihadapkan adalah petani,” ujar Wawan.

Kendati demikian, dibentuknya kelompok tani yang bertujuan untuk merubah sikap petani ke arah yang lebih baik sesuai tupoksi atau program-program pemerintah khususnya tentang pertanian.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *