Muskercab Syarikat Islam Kab. Bogor Tahun 2022 Mewujudkan Ekonomi Ummat

IMG 20221002 WA0014 1664713358 1009720130
banner 468x60

Infokriminal.com-Bogor – Organisasi Masyarakat Syarikat Islam (SI) Kabupaten Bogor menggelar musyawarah kerja cabang (Mukercab) tahun 2022, di Gedung Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Jalan Raya Bogor, Kabupaten Bogor, Minggu (2/10/22).

Ketua DPC Syarikat Islam Kabupaten Bogor, Miad Mulyadi mengatakan, Mukercab ini salah satu program yang diamanahkan dalam Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PDPRT) Syarikat Islam, dimana dalam PDPRT tersebut setidak-tidaknya wajib melakukan minimal satu kali selama menjabat dan ini sudah menjadi kali kedua pihaknya melaksanakan Mukercab.

Dalam Mukercab tersebut ada 3 program yang dibahas secara bersama, diantaranya pertama soal pendidikan dan dakwah, kemudian kedua di bidang ekonomi dan koperasi dan terakhir tentang pengembangan organisasi Syarikat Islam.

“Dari tiga program yang kita bahas ini, salah satu yang menjadi prioritas ialah di ekonomi keumatan melalui koperasi, karena kami ingin membangun koperasi di Kabupaten Bogor dan target kita minimal memiliki 5 koperasi, dari satu koperasi yang ada saat ini,” kata Miad Mulyadi kepada wartawan di sela mukercab.

Ia memaparkan, lima koperasi itu diantaranya empat cabang satu induk. Kemudian di bidang ini merupakan sesuatu yang baru bagi dirinya dalam menjalankan program di SI Kabupaten Bogor. Sebab, setiap menjalankan organisasi itu tentunya membutuhkan biaya dan ini akan menjadi tolok ukur yang akan membiayai organisasi sehingga pihaknya mengedepankan usaha di organisasi SI ini.

“Jika ada profit di usaha yang kita kelola ini InsyaAllah akan dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan secara keseluruhan. Sehingga ini menjadi prioritas kami dalam mengembangkan usaha di bidang ekonomi melalui koperasi,” jelasnya.

Dalam mengembangkan usaha melalui koperasi ini, kata dia, yang menjadi sasarannya ialah para anggota yang ada di Kabupaten Bogor dan berkerja sama dengan DPC-DPC SI yang ada di kota maupun kabupaten yang ada di Jawa Barat, termasuk kedepannya bisa bekerja sama dengan pihak-pihak terkait diantaranya instansi pemerintahan.

“Mau bagaimana pun kita tentu sangat butuh support dari pemerintah, terutama dengan dinas koperasi dan UMKM di Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Saat ini, produk unggulan di SI Kabupaten Bogor ialah gula dan air atau softdrink. Dimana dua produk itu tersedia di koperasi SI, sehingga koperasi SI lebih kepada koperasi kebutuhan pokok masyarakat.

“Kita juga sekarang sedang mengurus badan hukumnya,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris SI Kabupaten Bogor Suherman menambahkan, mukercab ini adalah sebuah implementasi dari PDPRT, bahwa setiap pimpinan cabang harus melaksanakan musyawarah kerja cabang.

Sejauh ini, lanjut Dia, diluar sana masih banyaknya masyarakat bertanya-tanya apakah Syarikat Islam di Kabupaten Bogor ada atau tidak, sehingga melalui kegiatan ini pihaknya ingin menunjukkan bahwa Syarikat Islam itu ada dan aktif.

“Kita ingin di organisasi syarikat islam ini aktif dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa organisasi Syarikat Islam Kabupaten Bogor itu ada, dan kita ingin masyarakat mengetahui keberadaan kami,” katanya.

Ia juga menjelaskan, bahwa organisasi masyarakat Syarikat Islam ini merupakan organisasi tertua yang didirikan pada 1905. Artinya, sebelum ormas-ormas lain ada organisasi Syarikat Islam sudah lebih dulu ada dan tetapi eksis sampai sekarang.

“Kita siap bersinergi dengan pemerintah dan kita juga bisa berinteraksi dengan pemerintahan, hingga akhirnya kita bisa sama-sama memberikan kontribusi,” pungkasnya.

Surya Sp

banner 300x250

Related posts

banner 468x60