MATANGKAN TUGAS DAN FUNGSI, PTPS SE-BATENG IKUTI SIMULASI PENGAWASAN DI TPS BAWASLUBATENG,

Views: 126
0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

KOBA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bersama seluruh Panwaslu Kecamatan di 6 kecamatan memantapkan kesiapan seluruh Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam mengawasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pungut hitung tanggal 09 Desember 2020 mendatang. Hal ini dilakukan dengan menggelar simulasi pengawasan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dengan kondisi yang sesungguhnya. Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di 6 kecamatan se-Kabupaten Bateng pada Kamis (03/12/2020) ini diikuti oleh seluruh Panwaslu Kelurahan/Desa dan Pengawas TPS se-Kabupaten Bateng.

Ketua Bawaslu Bateng, Robianto mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka memantapkan kesiapan pengawasan pada hari pemungutan dan penghitungan suara tanggal 09 Desember 2020. Melalui simulasi ini PTPS diberikan pemahaman agar mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan pemungutan dan penghitungan nantinya. “Seluruh jajaran PTPS se-Kabupaten Bangka Tengah hari ini (Kamis-red) diberikan simulasi tentang pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, termasuk penerapan protokol Kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang menjadi tugas pengawasan tambahan jajaran pengawas”, ujarnya.

Ia melanjutkan, dalam pelaksanaan simulasi bagi PTPS ini dilaksanakan di seluruh Kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah secara serentak. Dengan adanya simulasi ini, ia pun berharap seluruh PTPS se-Kabupaten dapat meningkatkan kompetensi dalam mengawasi harin pungut hitung nantinya. “Plaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan ini dilaksanakan di 6 Kecamatan, yakni di Gedung Serba Guna Kecamatan Lubuk Besar, Gedung Serba Guna Desa Nibung Kecamatan Koba, Gedung Serba Guna Kecamatan Namang, Hotel Grand Vella Kecamatan Pangkalan Baru, Gedung Serba Guna Kecamatan Simpangkatis dan Gedung Serba Guna Kecamatan Sungaiselan”, lanjutnya.

“Simulasi ini penting sekali untuk kami berikan kepada jajaran PTPS. Karena mereka adalah tulang punggung pengawasan kami di garda terdepan. Seluruh rangkaian pengawasan yang telah kami lakukan sejak tahapan persiapan Pilkada ini, muaranya tentu pada hari pungut hitung,” tambahnya.

Anggota Bawaslu Kabupaten Bateng, Muhamad Utoyo menerangkan bahwa dalam pelaksanaan simulasi ini PTPS diberikan sebuah skenario permasalahan yang mungkin saja dapat terjadi nanti di TPS untuk ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. “Kami memberikan beberapa sekenario kepada jajaran PTPS akan permasalahan yang mungkin saja terjadi berdasarkan kerawanan-kerawanan yang telah dipetakan sebelumnya”, ungkapnya.

Muhamad Utoyo menambahkan dengan diberikannya simulasi tentang permasalahan yang mungkin saja terjadi di TPS, jajaran PTPS mampu memberikan sikap yang tepat akan permasalahan tersebut. “Saat melaksanakan tugas mengawasi di TPS jajaran PTPS mungkin saja menemui berbagai permasalahan untuk itu dengan dilaksanakannya simulasi ini jajaran PTPS berani memberikan sikap dan saran perbaikan ,” imbuhnya.

“Selain itu juga saya mengingatkan kepada jajaran PTPS agar selau mengedepankan upaya pencegahan dan membangun koordinasi yang baik dengan KPPS agar tidak terjadi kesalahpahaman nanti antara PTPS dengan KPPS”, tegasnya.

Seusai pelaksanaan simulasi yang berlangsung dari pagi hingga sore hari, seluruh PTPS langsung diberikan tanda pengenal dan seragam pengawasan, serta APD yang terdiri dari masker kain, masker medis, sarung tangan karet, hand sanitizer, face shield, dan vitamin C penambah daya tahan tubuh. Sebelumnya pada tanggal 28 November 2020 kemarin, seluruh PTPS telah menjalani rapid tes dan hasilnya semuanya terbebas dari paparan Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. ( Rmn )

(Humas Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *