Keunikan tradisi Warga Desa Aentongtong Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di Astah

Views: 661
0 0
Read Time:1 Minute, 19 Second

Sumenep.Infokriminal.com-Warga Desa Aengtongtong Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep, Jumat pagi melaksanakan Giat Keagamaan Tahunan yang dihadiri Hadi Sudirpan Kepala Desa Aengtongtong , Ermanto Ketua BPD Aengtotong dan Wawan Kepala Dusun Endana. Dengan moment, “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW”, Ju’mat (13/11/2020).

Dalam Kegiatan Keagamaan yang di lakukan di Astah Bujuk Dua’, ini memang sudah menjadi Tradisi Masyarakat Desa Aengtongtong khususnya Kampung Endana, Pada Minggu terakhir Bulan Maulid, kegiatan ini biasa dikenal dilingkungan Masyarakat dengan sebutan Sedekah Desa, Uniknya kegiatan disini bagi Kaum Wanita yang hadir membawa hasil Bumi yang sudah di olah serta beberapa macam kue Tradisional, Semua makanan dikumpulkan didepan para Sesepuh Desa dan Kaum Laki laki yang hadir. Adapun Inti dari Kegiatan ini adalah Pembacaan Doa Tahlil kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Sholawat Nabi, Bagi kaum Lali laki  yang hadir bebas memilih makanan yang sudah dihidangkan untuk di makan maupun dibawa pulang.

Dalam kesempatannya Masdodik LF (34) Thn, Tokoh Pemuda dan Pecinta Budaya mengatan, “Kegiatan ini sudah turun temurun yang diadakan oleh Warga Desa Aengtongtong khususnya Dusun Endana, dulu Sesepuh Desa memilih tempat di Astah Bujuk Dua’ ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Yang Maha Esa, Konon ceritanya bahwa Astah Bujuk Dua’ inilah Orang Pertama yang menghuni dan membabat Hutan di Desa Aengtongtong, Jelasnya.

Tokoh Agama setempat k.Shaleh (55) Thn menambahkan, Dengan adanya kegiatan ini semoga kita semakin bertambah Nilai kecintaan kita kepada Baginda Nabi Muhammad SAW dan semakin kuat Keimanan kita, sekaligus untuk wadah Edukasi khususnya Generasi Muda Dusun Endana, Agar tidak melupakan Tradisi yang mengandung makna yang sudah ada sejak nenek moyang kita, pungkasnya.

Ref : Rendi

Ed  : SS

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *