Kementrian ESDM Pusat turun langsung Lakukan pengecekan Sampling Zirkon di pelabuhan Pangkal Balam.

Views: 61
0 0
Read Time:2 Minute, 19 Second

 

Bangka Belitung. sebelumnya diberitakan viral beberpa media
Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam kota Pangkalpinang menunda sementara keberangkatan Kapal Motor (KM) Trans Jaya Rute Pangkalbalam – Sunda Kelapa, di Pelabuhan Pelindo II, Sabtu (3/4/2021) Petang.

Tertundanya, Kapal KM Trans Jaya milik Perusahaan PT Pelayaran Ligita Jaya itu, dikarenakan ada delapan Kontainer yang berisikan Meneral Ikutan Zirkon dari Perusahaan PT Cinta Alam Lestari (CAL) Yang di duga adanya Kandungan material lain yang belum sesuai standar eskpor dan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dari team Dinas ESDM .Prov Kep Babel dan Kementrian ESDM pusat .

kementrian ESDM ( Ditjen Minerba ) mendatangi pelabuhan pangkal balam bersama Dan pos pangkal balam Lettu puji. bersama Bambang Pati jaya disertai Dirkrimsus Babel berserta awak media dari nasional maupun lokal daerah, untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan delapan kontainer mineral ikutan Zirkon milik PT t .Cinta Alam Lestari ( Cal ) yang sempat ditunda keberangkatan nya ke Cina di pelabuhan pangkal balam ./ Minggu / 4/42021.

Kementrian ESDM Ridwan Djamaludin . Mengatakan bahwa tujuwan kita kesini mengambil sampel untuk memastikan barang barang yang ada di dalam kontainer tersebut untuk memastikan isi dalam karung tersebut. Setelah di ambil Sampling Zirkon ini hasilnya akan dibawa ke laboratorium Untuk diketahui, nanti akan kita bawa ke laboratorium dulu, Nanti hasilnya akan diketahui dalam Minggu kedepan.

Selain pemeriksaan sampeling, pihak nya juga akan menelusuri asal usul barang dan IUP PT .CAL. dari mana asal barang tersebut.( Zirkon)
Dirjen ESDM juga menambahkan, supaya aman bergerak lah sesuai ketentuan Dan kita igin maunya perusahaan maju dan negara jangan sampai rugi dan lingkungan jangan samapai rusak ungkap Ridwan.

Bambang Patijaya, SE anggota DPR RI perwakilan Bangka Belitung saat ditemui terkait prihal tersebut mengungkapkan
“Tindakan ini dilakukan Oleh kementerian ESDM untuk melakukan pengecekan terhadap isu adanya diduga ketidaksesuaian dokumen antara barang yang dikirim “menurut infomasi yang kami terima seharusnya Zirkon 200 ton yang di kemas di dalam delapan 8 peti kemas dalam hal ini dirjen minerba menggajak DPRI komisi 7 bersama sama mengecek lapangan. Kebetulan saya ada disini dan bergabung. nanti kita menunggu hasil klarifikasi nya seprti apa nantinya untuk perizinan belum Tahu kan belum ngecek. dan berharap tidak terjadi hal hal yang aneh, harapan seprti itu
Bambang Pati jaya juga menambahkan kita akan lihat sperti apa karena kita masih menunggu hasil dari pada pengecekan tersebut tentu kementrian ESDM punya tuch untuk melakukan klarifikasi ini kan sperti itu .saya lihat mereka membawa staf dan beberapa petugas yang memiliki kompetensi dan membawa peralatan untuk melakukan pengecekan.

Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Haryo Sugihartono saat ditemui di tempat area Zirkon tersebut mengungkapkan “Pada intinya kita tidak bisa mengatakan lebih banyak perkataan
kita menunggu hasil pengujian lef laboratorium yang nanti akan dibawa ke bandung
Bila ada indikasi semua Terkait Zirkon tersbut Kita akan Melakukan penegakan hukum . Ungkap Dirkrimsus Polda Bangka Belitung.

Pusko minfo indonesia.

Editor : Rmn

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *