Padepokan Seni Topeng Saung Jigprak Tetap Eksis Menggelar kegiatan Kebudayaan Sunda Meski Ditengah Pandemi

0
78

Cibungbulang (Bogor) – Padepokan Seni Topeng Jigprak yang berlokasi di Kampung Babakan Desa Situ Ilir Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor masih bergeliat melestarikan kebudayaan Sunda meski ditengah Pandemi Covid-19, Minggu (09/08/2020).

Seiring perkembangan jaman serta gempuran budaya luar yang terus masuk dan menjajah tidak serta Merta menyurutkan Padepokan Seni Topeng Saung Jigprak untuk terus tetap eksis menggelar kegiatan kebudayaan Sunda yang saat ini mulai berkurang.

Pentas Kesenian Kesundaan yang di gelar oleh Padepokan Seni Topeng Jigprak tidak henti melestarikan kebudayaan sunda terlihat saat menggelar seni virtual Jawa barat 2020 pada hari Minggu sore (09/08/2020) dimana dalam gelaran tersebut selain menampil Tari obor, Tari Jigprak, Drama Demang Kartala ditutup oleh Debus.

Keberadaan Padepokan Seni Topeng Jigprak ditengah masyarakat tentu perlu diapresiasi karena kebudayaan tetap eksis.

Menurut Abah Jana Selaku Pimpinan “Saya selaku Pimpinan Padepokan Jigprak ini dan tentu juga dengan padepokan padepokan yang lain wajib hukumnya mensosialisasikan wabah tersebut karena jangan sampai menjalar, Untuk peran serta Desa terhadap lingkup seni budaya Sunda khususnya di Desa Situ Ilir saya sangat menyayangkan seakan tidak peduli terhadap kebudayaan ini, karena budaya Sunda ini menunjang segala macam apalagi tentang program pemerintah yaitu tentang Covid-19 ini berbeda dengan kabupaten bogor sangat merespon dengan keberadaan kebudayaan ini termasuk tripika baik dari kepolisian, TNI, maupun Kecamatan masih ada Kepedulian nya, Alhamdulilah sampai terealisasinya Partneran ini.

Lanjut Bah Jana “Untuk kaum muda kita bertahap ya karena berbicara kesenian tradisional tidak bisa langsung mereka menerima bisa dilihat tadi saat pementasan banyak anak anak yang ikut menonton bukan hanya dari kampung ini saja tapi ada yang dari luar dan nanti secara perlahan mereka akan mengenal bahwa di kampung Babakan RT.01 RW.01 Desa Situ Ilir ini Ada kesenian Kebudayaan Sunda”.

Harapan dan keinginan ya di apresiasi ya oleh semua kalangan jangan sampai susah payah membuat sedemikan rupa hasil karya sendiri tiba tiba di ambil oleh negara lain itu yang patut kita jaga dan lestarikan.

Acara ini pun sudah jauh jauh hari kita persiapkan dengan persiapan yang sudah dimatangkan sehingga bisa berjalan dengan sukses dan lancar tanpa ada kendala.(**)

Red. Kab. Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!