Breaking News

Views: 8
0 0

infokriminal.com, Mojokerto, Jatim – Keberadaan latar belakang Kebon Songo terletak di Dusun Nglinguk RT 01 RW 01 Kec. Trowulan Kab. Mojokerto Jawa Timur yang di-dirikan oleh Kelompok Masyarakat EKA TERAMPIL, yang kini jadi Ruang Terbuka Hijau (RBH) menjadikan tempat Rest Area Goes bahkan Menggelar Donor Darah dan olahraga di saat Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN).

Nama kebon songo berasal adalah
KEBON tempatnya di kebon
Pada waktu itu dibelakang rumah warga yang sebelumnya kebon tersebut ditumbuhi rumput liar dan sampah yang begitu terkesan kumuh akibatnya banyak di tempati Reptil seperti hewan ular, tikus, musang berkeliaran yang bisa membahayakan dan dapat merugikan warga.

IMG-20200922-WA0010

Namun akhirnya oleh warga setempat memanfaatkan suasana tersebut dengan mengadakan pembersihan lahan secara sosial bergotong royong secara bertahap dan membentuk Rest Area Goes yang saat ini jadi ruang terbuka hijau (RTH) dan sampai sekarang bisa berkembang untuk nyantai family.

Istilah SONGO Merupakan anggota POKMAS (kelompok masyarakat) terdiri 9 orang, maka diambilkan dengan angka 9 itu untuk nama “SONGO” namun Pada umumnya angka 9 banyak dipakai oleh kalangan masyarakat, misalnya seperti wali 9 dan simbol lambang Nahdlatul Ulama (NU) dengan bintang 9.

Adapun Visi dan Misi dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat serta menciptakan kebersihan dan keindahan lingkungan dengan tujuan meningkatkan dan memgembangkan Swadaya Masyarakat (SDM) dengan melestarikan olah raga, seni dan budaya yang beraneka ragam yang ada di masyarakat yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Untuk misi Menciptakan lapangan kerja
Dengan adanya RTH Kebon Songo warga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari menjual makanan dan minuman hingga barang-barang khas cendra mata Mojokerto atau Bumi Mojopahit.

Dengan Membersihkan Kebon yang asalnya banyak rumput liar dan sampah juga hewan liar kini menjadi bersih, indah dan nyaman, Hingga disupport warga masyarakat sekitar terkai bersihan lingkungan, untuk pembuangan sampah yang kini pada tempatnya seperti program Desa TPS3R.

Dengan mengadakan pelatihan, out bound dan membuat tempat untuk edukasi anak-anak.

Membuat fasilitas olah raga, mengadakan event olah raga, mengadakan pentas seni dan budaya

Memperkerjakan warga di kebon songo sesuai yang dibutuhkan dengan keahlian masing-masing anggota.

Reporter : AF

Editor : MY

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *