Kabid Penataan Bangunan dan Lingkungan, Hery Kushendrawan ST, MT. Mengambil langkah tegas untuk Mengatasi Adanya Banjir

Views: 135
0 0
Read Time:1 Minute, 54 Second

Sumenep 30/11/2020 Infokriminal.com
Beberapa hari ini Kota Sumenep diguyur hujan. Mengantisipasi terjadinya genangan air di awal musim penghujan tahun ini, Pemerintah daerah kabupaten sumenep melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kab. Sumenep telah melakukan langkah-langkah antisipatif, salah satu langkah antisipatif yang dilakukan adalah melakukan normalisasi saluran drainase dengan memaksimalkan kinerja dari Satuan tugas Pematusan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (PRKP) dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep, Ir. Moh. Jakfar, M.Si, melalui Kepala Bidang Penataan Bangunan dan Lingkungan, Hery Kushendrawan ST, MT, mengungkapkan, pihaknya terus memaksimalkan Satgas Pematusan untuk melakukan normalisasi saluran drainase di kawasan kota Sumenep utamanya saluran-saluran yang berhubungan langsung dengan titik-titik rawan genangan.

Memperbaiki saluran-saluran yang rusak, membersihkan sampah yang menutupi selokan-selokan, dan mengangkat sedimentasi yang terdapat disaluran drainase merupakan kegiatan rutin yang dilakukan satuan tugas (Satgas) Pematusan.
“Petugas pematusan setiap harinya melakukan normalisasi saluran drainase dengan cara melakukan pengangkatan sedimentasi dan tumpukan sampah” ungkap Hery, .

Lebih lanjut Menurutnya, di kawasan perkotaan sumenep berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan, terjadinya genangan pada beberapa titik rawan genangan di saat hujan deras, salah satu penyebabnya karena adanya sampah dan tingginya sedimentasi yang terdapat pada beberapa saluran drainase sehingga mengurangi daya tampung saluran drainase. Diakui Hery, jika kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan akan sangat membantu terciptanya Sumenep yang aman dari genangan air. Sebab, dari sejumlah tempat yang seringkali menjadi penyebab tersumbatnya aliran air di selokan, karena tertutup oleh sampah yang dibuang sembarangan.

Karena itu, Hery mengimbau masyarakat, khususnya di perkotaan untuk ikut membantu pemerintah daerah dalam mengatasi genangan air yang terjadi dengan cara meningkatkan kesadaran membuang sampah pada tempatnya.
“kami berharap dukungan dari warga terhadap upaya kami mencegah genangan air, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kami meminta kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke saluran air atau sungai-sungai di perkotaan,” tandasnya.

Selain itu, pada saat terjadi hujan deras, personel Satgas Pematusan menurut Hery, selalu melakukan pemantauan di beberapa titik rawan genangan dan disiagakan untuk melakukan tindakan jika terjadi genangan agar supaya genangan air cepat surut sehingga meminimalkan dampak yang dapat menggangu aktifitas masyarakat.

Hery juga menyampaikan bahwa masyarakat dapat menghubungi Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kab. Sumenep jika diwilayah sekitarnya terdapat saluran yang membutuhkan normalisasi sehingga dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

(Rahman Golok)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *