Breaking News

Views: 8
0 0

infokriminal.com, Bogor Barat – Kurang lebih sudah 2 bulan ini kota Bogor di landa kemarau termasuk kec.Bogor Barat yang mana wilayah ini ada aliran sungai salah satu nya adalah Cisadane. Dan akibat kemarau ini debit air cisadane turun drastis serta mengalami pendangkalan, peluang ini banyak di manfaatkan masyarakat sekitar untuk menangkap ikan yang ada di sungai tersebut, baik yang mengunakan kail, jala dan bahkan ada yang mengunakan bahan kimia beracun seperti Portas atau Sangkalim ( bahasa sunda nya Nua ) untuk meracuni sungai agar ikan ikan dan habitat lain di Cisadane dengan Mudah di tangkap karena ikan di dalam nya pada Mabuk ” sama seperti dulu ada sebuah lagu anak anak ” di Obok obok ikan nya pada mabok” melihat kondisi seperti ini Anggota polsek Bogor Barat yang akrab di panggil Dayat ini mengajak warga masyarakat di sekitar tempat tinggal nya di Kelurahan Bubulak Kec.Bogor Barat untuk peduli menjaga Sungai Cisadane dari tangan tangan jahil orang orang yang suka meracuni sungai demi mengambil ikan ikan yang pada mabok tersebut.

Tepat nya pada tanggal 31 Juli 2019 sekitar pukul 20.00 wib , Dayat mengajak beberapa orang tetangga di wilayah nya untuk kumpul Rumah ketua Rw 02 Kel. Bubulak untuk membahas serta memberi pencerahan bagi masyarkat bahwa menangkap ikan mengunakan bahan kimia beracun itu adalah merusak ekosistem dan habitat Sungai yang ada di sekitar kec.Bogor Barat.

Bukan Hanya Warga keluharan Bubulak di tempat yang sama Hadir pula perwakilan warga masyarkat dari Kelurahan Sindang Barang yang di Wakili ketua Rw 07 H.Rahmat di dampingi beberapa orang Warga nya, Sebagai tuan rumah Rohim ketua RW 02 Kelurahan Bubulak langsung memberikan waktu kepada Dayat untuk menyampaikan sepatah dua patah kata agar memberi pemahaman terkait penting kita menjaga kelestarian sungai terutama Cisadane.

Dalam penyampiannya Dayat mengajak seluruh warga masyarakat pro aktif untuk menjalankan kepedulian dan bagaimana penting nya Cisadane yang di butuhkan sampai teluk jakarta, bukan hanya itu Dayat Juga menekan kan untuk saling mengingatkan agar saling memberi informasi apa bila ada kejanggalan kejanggalan di masyarakat” kita peduli bukan hanya pada sungai saja akan tetapi mari kita sama sama bersinergi dari seluruh lapisan dari mulai kita masyarakat sampai instansi baik pemerintah atau pun swasta yang ada di sekitar kita” ujar nya.

Dan di akhir kesempatan Dayat Juga mengingatkan untuk masyarakat selalu objektif dalam menerima atau memberi informasi agar paham betul Hoax apa tidak berita tersebut.
Juga dalam acara tersebut hadir juga perwakilan dari Komunitas Relawan Giat Cisadane ( Regaci ) dan Komunitas Peduli Lingkungan Lebah Bogor Raya ( LBR ) .

Sedangkan menurut Rohim dengan acara seperti ini atas nama warga dan ketua Rw beliau mengucapkan banyak terimakasih atas pencerahan serta inisiatif dari pak Dayat yang mana sudah mensosiolisasikan kepedulian baik di Cisadane atau Pencerahan tentang Peduli sampah di wilayah nya.

Begitu pula dengan H.Rahmat Ketua Rw 07 Kel.Sindang Barang sangat berterimakasih atas apa yang sudah di sampaikan Dayat , dan di tambahkan juga bahwa di wilayah Rw 07 benar ada nya bahwa masih ada yang greget kalau melihat cisadane surut serta langsung spontan untuk menangkap ikan dengan Portas atau sangkalim, akan tetapi dengan komitmen bersama H. Rahmat siap menghimbau warga nya untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang mana bisa di sebut melanggar Hukum dengan mencemari Cisadane.
selanjut nya acara di lanjutkan dengan sesi tanya jawab dan berakhir sekitar pukul 22.00 wib , dengan hasil bahwa Warga di 2 kelurahan ini sepakat menentang penangkapan ikan dengan Bahan kimia beracun termasuk Pencemaran lingkungan di wilayah Kecamatan Bogor Barat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *